Kapolri Naik Heli Bareng Menko Polhukam Tinjau Kesiapan Arus Mudik pada Merak

Kapolri Naik Heli Bareng Menko Polhukam Tinjau Kesiapan Arus Mudik pada Merak

Pembaca – JAKARTA Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersatu dengan Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan secara langsung kesiapan pengamanan arus mudik Hari Raya Idulfitri 2024. Menaiki helikopter, Sigit kemudian Hadi mengawasi segera melalui pantauan udara kesiapan arus mudik Lebaran di area Pelabuhan Merak Banten, Hari Senin (1/4/2024).

Patroli udara itu dilaksanakan untuk meninjau kesiapan pada pengamanan arus mudik serta Lebaran 2024. Mereka melakukan pemantauan dari Lapangan Silang Monas menuju Pelabuhan Merak Banten. Sekaligus mengawasi kondisi arus lalu lintas jalur tol maupun area pelabuhan Merak via udara.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah dilakukan melaksanakan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2024. Acara ini untuk menegaskan pelaksanaan arus mudik kemudian balik berjalan aman juga lancar.

Menurut Sigit, kesiapan strategi juga pengecekan jalur sejak dini sangat diperlukan untuk menekan hitungan fatalitas kecelakaan lalu lintas pada waktu peluang arus mudik serta balik Lebaran 2024.

“Ini menjadi penting akibat memang sebenarnya secara statistik terjadi penurunan terkait laka lantas dibandingkan 2022. Namun demikian oleh sebab itu mudik meningkat kita harapkan laka lantas serta kemacetan lalin pada mudik 2024 ini betul-betul dapat kita kelola dengan baik,” ucap Sigit.

Lebih dalam, menurut Sigit, pada operasi ketupat tahun ini, setidaknya ada 155.165 personel gabungan yang dikerahkan untuk menegaskan mudik aman dan juga lancar. Serta disiapkan pula sebanyak 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pos yang dimaksud nanti disiapkan untuk memberikan pelayanan apakah itu yang ada di area jalan tol, rest area, kemudian di area arteri serta termasuk jalur yang mana kita persiapkan untuk berikan pengamanan di area wilayah wisata, ini juga kita persiapkan,” tutur Sigit.