Kemenparekraf Prediksi Industri Parekraf Hasilkan Rp276 Ribu Miliar pada waktu Libur Lebaran

Kemenparekraf Prediksi Industri Parekraf Hasilkan Rp276 Ribu Miliar pada waktu Libur Lebaran

Pembaca – JAKARTA – Kementerian Wisata juga Sektor Bisnis Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif (Parekraf) akan menghasilkan kembali Rp276 triliun ketika libur Lebaran . Angka ini mengalami kenaikan yang digunakan singnifikan dibandingkan tahun lalu.

Deputi Lingkup Kebijakan Krusial Kemenparekraf Dessy Ruhati menyatakan bahwa proyeksi perputaran dunia usaha yang disebutkan tidaklah lepas dari peluang pergerakan penduduk selama periode libur Lebaran 2024.

Di mana Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada sekitar 193,6 jt orang yang digunakan melakukan mobilitas selama libur Lebaran ini. Angka ini meningkat dibandingkan pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 jt orang.

“Angka ini mengalami kenaikkan yang dimaksud signifikan sebesar 15 persen jikalau dibandingkan dengan kemungkinan perputaran dunia usaha Lebaran tahun sebelumnya yakni Rp240,01 triliun,” kata Dessy di The Extended Weekly Brief with Sandi Uno di dalam Manhattan Hotel, Jakarta, Awal Minggu (1/4/2024).

Sementara itu, pergerakkan wisatawan nusantara sebagian besar akan mengarah ke Pulau Jawa dengan tiga tempat tujuan terbesar. Di antaranya adalah Jawa Tengah sebanyak 61,6 jt orang, Jawa Timur 37,6 jt orang, lalu Jawa Barat 32,1 jt orang.

Kemudian pelaku perjalanannya berasal dari tempat Jawa Timur sebesar 16,2 persen, Jabodetabek sebesar 14,7 persen, juga Jawa Tengah sebesar 13,5 persen dengan menggunakan empat moda transportasi yakni kereta, bus, mobil, lalu motor pribadi.

Adapun preferensi daya tarik wisata di area musim Lebaran menurut hasil analisis sementara dari survei yang dimaksud dijalankan Kemenparekraf adalah pantai atau danau, pusat kuliner, pegunungan atau agrowisata, taman rekreasi atau kebun binatang, kemudian pusat perbelanjaan.

Di sisi lain, destinasi wisata favorit di dalam libur Lebaran tahun ini adalah D.I. Yogyakarta meliputi Malioboro juga Parangtritis, Jawa Tengah yakni Borobudur, Jawa Timur yakni Bromo, Jawa Barat meliputi Ciwidey, Pangandaran lalu Lembang, juga Jabodetabek meliputi Puncak Bogor lalu Ragunan. Dengan rata-rata durasi berwisata mencapai dua hingga empat hari atau satu hari.

“Kami berharap kesiapan dari destinasi baik keamanan lalu kenyamanan menjadi bagian yang mana penting juga di menghadirkan kelancaran dalam momen libur Lebaran tahun ini,” tandasnya.