Kode Etik

Pembaca.ac.id berkomitmen untuk menjaga standar etika tertinggi dalam menyajikan informasi kepada pengguna kami. Kode Etik ini menguraikan prinsip-prinsip yang kami pegang teguh dalam operasi sehari-hari kami:

  1. Ketepatan dan Akurasi: Kami berkomitmen untuk menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terverifikasi kepada pengguna kami. Kami akan melakukan upaya maksimal untuk memastikan bahwa setiap berita atau informasi yang kami publikasikan didukung oleh fakta yang jelas dan sumber yang terpercaya.
  2. Keterbukaan dan Transparansi: Kami akan secara jelas menyatakan sumber informasi yang digunakan dalam setiap artikel atau laporan berita kami. Kami akan menghindari konflik kepentingan atau bias yang dapat mempengaruhi keobjektifan dan kejujuran penyajian informasi.
  3. Penghargaan Terhadap Privasi: Kami akan menghormati privasi individu dan tidak akan menyebarluaskan informasi pribadi tanpa izin yang jelas. Kami akan mengikuti semua peraturan dan standar privasi yang berlaku.
  4. Kehormatan dan Rasa Tanggung Jawab: Kami akan menjaga kehormatan dan martabat semua individu yang disebutkan dalam berita atau konten kami. Kami tidak akan mempublikasikan informasi yang merugikan atau merendahkan martabat seseorang atau kelompok.
  5. Ketidakberpihakan dan Keadilan: Kami akan menghindari pandangan politik, ideologis, atau pihak tertentu dalam penyajian berita kami. Setiap informasi akan disampaikan dengan keadilan, tanpa prasangka, dan tanpa memihak.
  6. Komentar dan Interaksi Pengguna: Kami akan memoderasi komentar dan interaksi pengguna dengan etika yang tinggi, mendorong diskusi yang berbudaya dan berpendidikan, serta menghapus atau menanggapi dengan bijaksana terhadap komentar yang mengandung pelecehan, kebencian, atau tidak pantas.
  7. Pengembangan dan Pembelajaran Berkelanjutan: Kami akan terus meningkatkan standar profesionalisme dan kompetensi kami melalui pelatihan, pembelajaran, dan pertukaran informasi dengan sesama praktisi industri dan ahli dalam bidang jurnalisme dan media.
  8. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan: Kami akan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari pekerjaan kami, berupaya untuk menjadi agen perubahan positif, dan memperjuangkan keadilan sosial serta keberlanjutan lingkungan melalui konten yang kami publikasikan.
  9. Ketepatan dalam Penggunaan Sumber dan Kutipan: Kami akan mematuhi hak cipta dan menghormati karya orang lain dengan mengutip sumber secara tepat dan memberikan penghargaan kepada para pembuat konten yang telah berkontribusi pada informasi yang kami sampaikan.
  10. Responsif terhadap Umpan Balik: Kami akan merespons umpan balik dari pengguna dan pihak yang terkait dengan cepat dan dengan sikap terbuka, menggunakan masukan untuk terus meningkatkan kualitas dan integritas layanan kami.

Dengan mengikuti Kode Etik ini, kami berharap untuk membangun kepercayaan pengguna kami dan menjaga reputasi Pembaca.ac.id sebagai sumber informasi yang terpercaya, adil, dan profesional.