Bisnis  

Kerjasama TikTok dan juga Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

Kerjasama TikTok dan juga juga Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

Pembaca – JAKARTA – Sejumlah Anggota DPR menyambut baik kolaborasi Tokopedia dan juga TikTok. Kerja sejenis dua platform digital di area industri e-commerce ini dinilai dapat meningkatkan kapasitas juga akses lingkungan ekonomi para pelaku UMKM .

“Semakin berbagai aplikasi mobile (e-commerce) ini sanggup memberikan keuntungan terhadap para UMKM. Sebaiknya kita fokus memperbanyak lapak UMKM dengan membantu perkembangan e-commerce,” kata Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo ketika rapat di dalam DPR, dikutipkan Mulai Pekan (1/4/2024).

Terlebih keberadaan ciri “keranjang kuning” dalam media TikTok, memacu para mitra usaha berinteraksi segera secara intens dengan calon pembeli. Adapun pangsa bursa tidak ada terbatas dengan jangkauan pelanggan yang digunakan sangat luas.

Saat ini Tiktok menempati sikap tertinggi sebagai wadah yang dimaksud paling banyak diakses pengguna. Menurut laporan “we are social”, ada sekitar 106,5 jt pengguna Tiktok di tempat Indonesia per November 2023, terbanyak kedua pasca Amerika Serikat (AS).

Data yang dimaksud sekaligus menunjukkan prospek wadah Tiktok yang tersebut dapat dioptimalkan para seller untuk mengiklankan barang dagangan. User terlibat Tiktok merupakan target bursa yang nyata.

Melihat peluang yang sangat besar itu, beliau menyarankan semua pihak fokus membantu UMKM untuk menjadi kampiun di tempat platform. Misalkan mengedukasi UMKM untuk menyebabkan konten kreatif atau mengemas jualan biar cepat laku.

Dia mengingatkan TikTok serta Tokopedia juga media e-commerce lainnya agar lebih banyak mengutamakan memajang produk-produk lokal agar tambahan sejumlah dibeli. Dengan membeli produk-produk lokal, pihaknya mengambil bagian membantu meningkatkan kemandirian kegiatan ekonomi negara kemudian mengambil bagian membantu menciptakan lapangan kerja pada negeri sendiri.

“Ini bisa jadi memberikan maslahat terhadap para UMKM lokal. Dengan adanya migrasi TikTok ini kita berharap perniagaan di area indonesia ini lebih lanjut bagus lagi,” kata Eko.

Senada, Anggota Komisi VI DPR lainnya Luluk Nur Hamidah menyampaikan, integrasi TikTok lalu Tokopedia yang digunakan hampir rampung harus memberikan kegunaan dari akses dan juga perluasan pangsa digital bagi pelaku UMKM lokal.