Pedoman Media Siber

Sebagai platform media siber, Pembaca.ac.id berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan prinsip-prinsip media siber yang bertanggung jawab. Berikut adalah pedoman yang kami anut dalam menjalankan operasi sehari-hari kami:

  1. Kewajiban Hukum: Kami akan mematuhi semua peraturan dan hukum yang berlaku terkait dengan operasi media siber, termasuk tetapi tidak terbatas pada undang-undang hak cipta, privasi, dan pengaduan pengguna.
  2. Transparansi: Kami akan memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang identitas kami, kepemilikan, dan struktur organisasi kami kepada pengguna.
  3. Ketepatan dan Kebenaran: Kami akan berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat, berimbang, dan berdasarkan fakta. Setiap kesalahan yang terjadi akan segera diperbaiki dan klarifikasi akan diberikan jika diperlukan.
  4. Penghargaan Terhadap Privasi: Kami akan melindungi privasi individu dengan tidak menyebarluaskan informasi pribadi tanpa izin yang jelas. Kami akan menghormati keinginan individu terkait privasi dan keamanan data.
  5. Pencegahan Penyebaran Informasi Palsu: Kami akan melakukan verifikasi dan penelusuran fakta sebelum menyebarkan informasi kepada pengguna. Kami tidak akan menyebarkan informasi yang kami tahu atau patut diduga palsu atau menyesatkan.
  6. Penanganan Keluhan dan Koreksi: Kami akan menanggapi keluhan dari pengguna dengan cepat dan adil. Jika ada kesalahan dalam konten kami, kami akan memberikan koreksi atau klarifikasi yang sesuai.
  7. Ketidakberpihakan dan Keadilan: Kami akan menyajikan informasi dengan keadilan dan tanpa keberpihakan terhadap pihak manapun, termasuk politik, agama, atau kepentingan bisnis.
  8. Ketepatan dalam Interaksi Sosial: Kami akan memperlakukan pengguna, narasumber, dan pihak lain dengan hormat dan integritas dalam setiap interaksi sosial dan online.
  9. Pencegahan Terhadap Pelecehan dan Kebencian: Kami tidak akan mentoleransi pelecehan, intimidasi, atau diskriminasi dalam komentar, diskusi, atau konten yang dihasilkan oleh pengguna atau staf kami.
  10. Pemberitaan yang Bertanggung Jawab: Kami akan mempertimbangkan dampak sosial, moral, dan etis dari setiap pemberitaan atau konten yang kami publikasikan.
  11. Kerjasama dan Keterbukaan: Kami akan berusaha untuk berkolaborasi dengan lembaga media lain, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan standar media siber secara keseluruhan.

Dengan mengikuti Pedoman Media Siber ini, kami berharap dapat membangun kepercayaan pengguna kami dan menjaga integritas serta reputasi Pembaca.ac.id sebagai platform media siber yang bertanggung jawab dan terpercaya.