Rumor Yamaha R2 Mulai Dikembangkan, Siap Gantikan Yamaha R15?

Rumor Yamaha R2 Mulai Dikembangkan, Siap Gantikan Yamaha R15?

Pembaca – Yamaha dikabarkan sedang mengembangkan R2, model baru yang digunakan siap menggebrak kelas motor sport. Kabarnya, motor ini akan menggantikan R15 yang digunakan populer ketika ini.

Informasi ini muncul pada sebuah media otomotif dengan syarat Jepang, Young Machine yang dimaksud kemudian ditulis ulang 2banh.vn. Dalam tulisannya tersebut, mereka mengatakan kalau Yamaha R2 akan tampil dengan mesin baru yang mana sangat jauh lebih tinggi bertenaga.

Kapasitasnya diprediksi mencapai 200 cc, jarak jauh tambahan besar dari R15 pada waktu ini. Mesin ini kemungkinan akan digunakan juga pada model lain pada kelas yang tersebut sama.

Sebelumnya, muncul ramalan bahwa R2 akan menggunakan mesin lama 250 cc berpendingin udara yang mana telah lama diperbarui, atau mesin 155 cc berpendingin cairan dari R15 versi ASEAN.

Yamaha R15  V4 ketika meluncur di area India [screenshot Yamaha India].
Yamaha R15 V4 ketika meluncur dalam India [screenshot Yamaha India].

Namun, informasi terbaru menunjukkan bahwa Yamaha sedang mengembangkan mesin baru satu silinder berpendingin air berkapasitas sekitar 200cc. Jika benar, mesin ini akan menjadi basis bagi model lain di tempat kelasnya, seperti R/MT/XSR/WR.

Meskipun detail mengenai tenaga mesin baru ini masih belum terungkap, dipastikan akan tambahan bertenaga dibandingkan R15 ketika ini, dengan selisih mencapai 19 tenaga kuda.

Inilah mungkin saja alasan mengapa Yamaha belum memberikan pembaruan teknis pada R15, MT-15, dan juga XSR155 selama beberapa tahun terakhir. Mereka tampaknya sedang mempersiapkan peluncuran besar-besaran dengan R2 sebagai bintang utamanya.