Teori Konspirasi Kate Middleton Disebut Disebar Rusia

Teori Konspirasi Kate Middleton Disebut Disebar Rusia

Pembaca – LONDON – Sebelum pengumuman Kate Middleton didiagnosa mengidap kanker, media sosial dibanjiri teori konspirasi mengenai status kemampuan fisik serta keberadaannya. Beberapa ramalan telah dilakukan dikaitkan kembali dengan kampanye disinformasi yang mana berbasis di dalam Rusia .

Pakar disinformasi digital yang bekerja di tempat Universitas Cardiff di tempat Wales, Martin Innes mengungkapkan untuk The New York Times bahwa dari 45 akun media sosial yang memposting klaim tentang Kate , 42 di area antaranya miliki hubungan dengan jaringan disinformasi yang digunakan memposting pro- Rusia lalu anti konten Ukraina.

“Ini memicu reaksi emosional. Ceritanya telah lama dibingkai pada konteks konspirasi, sehingga Anda dapat menarik perhatian orang-orang tersebut. Dan orang-orang yang menggalang keluarga kerajaan menjadi marah,” kata Innes dilansir dari US Magazine, Mulai Pekan (1/4/2024).

Penelitian Innes nampaknya menunjuk pada operasi disinformasi Rusia yang mana kemudian dikenal sebagai Doppelganger. New York Times melaporkan bahwa, sejak 2017, Doppelganger telah lama dikaitkan dengan pembuatan situs web palsu yang tersebut meniru organisasi berita sebenarnya di tempat Eropa lalu Amerika Serikat.

Teori Konspirasi Kate Middleton Disebut Disebar Rusia

Foto/Cosmopolitan

Laporan itu muncul beberapa hari setelahnya The Telegraph di dalam Inggris melaporkan pada tanggal 24 Maret bahwa Tiongkok, Rusia dan juga Iran memicu disinformasi tentang istri Pangeran William itu di rencana untuk mengganggu stabilitas negara.

Istana Kensington mengumumkan pada bulan Januari bahwa Putri Wales itu sudah menjalani operasi perut untuk kondisi medis non kanker. Ia pun tak akan kembali melakukan tugasnya di dalam depan umum sampai setelahnya Paskah lantaran harus menjalani pemulihan.

Pengamat keluarga kerajaan mulai berspekulasi tentang kondisi kebugaran Kate setelahnya berita tersebut. Ibu tiga anak ini pertama kali terlihat di tempat umum pasca operasi perut pada awal Maret pada waktu mengemudi mobil dengan ibunya, Carole Middleton.